CB Kewarganegaraan – Pertemuan 1 – Survey

Laporan Hasil Survey Lapangan Tanggal 11 Maret 2017

Kelas : LG01
Dosen : Rina Patriana Chairiyani
Kode Dosen : D1812
Mata Kuliah : Character Building : Kewarganegaraan
Hari : Sabtu
Tanggal : 11 Maret 2017
Waktu : 07.00 – 09.00 WIB
Lokasi : RPTRA Penjaringan Indah
Alamat : Jalan Wacung Nomor 38, RT.9/RW.16, Penjaringan,                            Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta
Tim
Ketua :

    Charlie Leonardo Oroh (2001564564)

Anggota :

    Dany Prasetya Angtoni (2001545975)
    George Christian (2001574571)
    Jody Claudio (2001537310)
    Kristoforus Ryan (2001546006)
    Ricky Wijaya (2001574003)
    Valencia (2001573820)

 

Pada tanggal 11 Maret 2017 pukul 06.30 pagi, kami sekelompok berangkat menuju ke RPTRA Penjaringan Indah yang berada di Jalan Wacung Nomor 38, RT.9/RW.16, Penjaringan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta. Beberapa dari kami, ada yang berangkat sendiri karena jarak tempat tersebut dengan rumahnya lumayan dekat. Pukul 07.00 pagi, kami semua sudah berkumpul di RPTRA Penjaringan Indah.

Sambil menunggu kedatangan pengurus RPTRA Penjaringan Indah, kami sekelompok pergi mengamati lingkungan sekitar yang ada dalam RPTRA Penjaringan. Banyak anak-anak yang bermain dengan senangnya. Di RPTRA, tersebut terdapat aula dengan atap yang teduh, ada juga tempat bermain untuk anak-anak dibawah 5 tahun, dan juga ada lapangan olahraga seperti lapangan voli, futsal, sepakbola, dan lain-lain. Suasana di RPTRA ini sangat menyejukkan karena banyaknya pohon-pohon hijau yang telah ditanam sehingga RPTRA ini kelihatan sangat asri.

Setelah menunggu beberapa saat, akhirnya Bapak Serani selaku pengurus RPTRA Penjaringan Indah datang. Beliau sangat baik dan menyambut kami dengan hangat. Kami pun menjelaskan bahwa kami adalah mahasiswa BINUS University. Kami juga menjelaskan maksud dan tujuan kami datang ke RPTRA Penjaringan Indah ini yaitu untuk melakukan kegiatan sukarelawan. Beliau menjelaskan bila kedatangan kami bisa sangat membantu karena Beliau juga tidak dapat bekerja sendiri untuk mengurus lingkungan RPTRA yang sangat besar. Beliau pun mengizinkan kami untuk melakukan kegiatan di RPTRA Penjaringan Indah.

Setelah mendiskusikan apa yang harus kami kerjakan, Beliau sepakat bahwa kami bisa melakukan kegiatan penanaman secara vetrikultur di bagian belakang RPTRA Penjaringan Indah. Beliau menyarankan agar kami semua sebaiknya bekerja saat pagi saja karena bila saat siang, cuaca akan sangat panas dan berisiko untuk terkena dehidrasi lebih tinggi. Kami semua sepakat untuk memulai pekerjaan di pagi hari. Untuk waktu pelaksanaanya. Beliau menyerahkannya kepada kami, jadi saat kami sedang senggang atau sedang tidak ada kuliah kami bisa datang untuk menanam.

Sebelumnya di bagian belakang RPTRA Penjaringan Indah terdapat tanaman-tanaman kangkung yang telah ditanam secara vetrikultur tapi tidak menghasilkan sayuran yang bagus dan akhirnya busuk karena dibiarkan begitu saja. Tugas kami adalah membersihkan daerah tersebut dan kemudian melakukan penanaman kangkung kembali secara vetrikultur di tempat itu.

Setelah semua yang ingin dibicarakan telah selesai, kami pun berpamitan dan berterima kasih kepada Bapak Serani atas kesempatan yang telah diberikan kepada kami. Pukul 09.00, kami telah menyelesaikan survey kami dan kemudian pulang ke rumah masing-masing.

 

This entry was posted in CB Kewarganegaraan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *