FEP Binusian 2020 – General Orientation

Di post kali ini saya mau jelasin apa aja yang saya lakukan saat GO (General Orientation) pada FEP Binusian 2020. Tapi sebelum itu pasti kalian bingung apa itu FEP ? FEP ini juga salah satu keunikan dari BINUS University. FEP adalah masa orientasi dari mahasiswa baru di BINUS University dimana terbagi menjadi tiga tahap yaitu GO (General Orientation), AO (Academic Orientation), CLO (Campus Life Orientation). Selama mengikuti FEP para mahasiswa baru akan dibekali dengan pengetahuan tentang BINUS maupun jurusan yang diambil. Selama FEP para mahasiswa juga bisa mendapatkan poin SAT (Student Activity Transcript) yang nantinya akan menjadi syarat kelulusan. FEP juga punya tema yang berbeda-beda setiap tahunnya. Tema dari FEP Binusian 2020 adalahย Global Citizen For a Greater Nusantara.

Sekarang saya mau cerita-cerita tentang pengalaman saya selama General Orientation :

Hari Pertamaย saya GO di kampus Syahdan. Saat pertama kali masuk untuk pertama kalinya di gerbang kampus rasanya seperti menghirup nafas baru.

Syahdan_Campus_-_Bina_Nusantara_University

Maklum, karena saat itu masih anak baru yang belum tahu rasanya kuliah. Saya datang bersama dengan teman saya yang sudah kenal dari SD sampai sekarang, untungnya dia juga ambil jurusan IT jadi bisa ngobrol-ngobrol sedikit. Sekitar jam 8 kami diarahkan oleh BC (Buddy Coordinator) untuk mencari ruang kami masing-masing. BC itu adalah pendamping kita yang dipanggil Buddy selama FEP berlangsung. Saya ikut masuk dalam gelombang EBN-03. E itu maksudnya gelombang kelima dan BN untuk yang berkuliah di daerah Kemanggisan. Sebelum masuk kelas kami harus tapping terlebih dahulu dengan menggunakan Flazz Card yang juga kartu mahasiswa. Hari itu ada 7 kakak BC (Buddy Coordinator) di kelas saya, mereka mulai memperkenalkan diri mereka dan kemudian dilanjutkan dengan perkenalan diri kami masing-masing. Banyak yang berasal dari luar kota seperti Riau, Surabaya, Pontianak, dll. Hari itu, kami semua diajarkan bernyanyi lagu mars BINUS University dan mars Binusian. Setelah itu ada pengarahan dari kakak BC untuk GO besok dan kemudian kami semua pulang.

Hari Keduaย GO bertempat di kampus Anggrek yang besarnya sudah seperti mall.

kampus-anggrek

Hari itu dijelaskan tentang sejarah dari BINUS University dan juga tentang BINUS Maya yang merupakan portal para Binusian.

Hari Ketiga GO menjelaskan tentang aturan-aturan yang berlaku di BINUS University serta beberapa poin penting yang berhubungan dengan kelulusan dan registrasi. Selama sesi ini kelas saya mendapat kesempatan untuk direkam oleh BINUS TV. Pastikan kalian tonton terus BINUS TV karena banyak acara-acara menarik.

Screenshot_2016-08-27-19-32-31

Ini gambar saya (kiri) dan teman saya (kanan) yang muncul dalam Jurnal 19, salah satu acara dari BINUS TV.

Hari Keempat GO adalah sesi Bunga Rampai dan bertempat di auditorium kampus Anggrek. Pada saat Bunga Rampai ini para Binusian 2020 EBN semuanya berkumpul dalam satu ruangan dan mulai menyaksikan penampilan-penampilan dari kakak-kakak UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Ada banyak pilihan UKM di BINUS University. Selama sesi ini juga kita semua didampingi oleh host-host yang kocak jadi acara tidak terasa bosan. Tapi kita hanya boleh mendaftar UKM hanya saat EXPO yang akan diadakan di hari terakhir.

Hari Kelimaย GO juga bertempat di auditorium ada sesi BINUS Way dan kemudian dilanjutkan sesi kerohanian.

Hari Keenam GO sekaligus terkahir. Pagi harinya semua Binusian 2020 EBN berkumpul di Syahdan. Kemudian dengan diawali yel-yel Buddy FEP 2020 (seperti video di bawah ini), satu persatu kelas mulai menampilkan yel-yel dari kelasnya masing-masing.

Tak mau ketinggalan para kakak-kakak BC juga ikut menampilkan yel-yel mereka. Kemudian dilanjutkan dengan EXPO UKM yang juga bertempat di Syahdan. Setelah itu teman-teman di kelas saya berkumpul dan diberi Beng-Beng satu persatu oleh para BC mungkin sebagai kenang-kenangan. Kenapa Beng-Beng ? ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† Bukan karena endorse tapi karena di kelas kami sesuai perjanjian jika ada yang telat maka harus beliin Beng-Beng untuk sekelas.

1472209076395

Walau hanya sebentar tapi kita dapat banyak pengalam dan tentunya teman baru. ๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

Demikian post saya tentang GO ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†. Sampai jumpa di post berikutnya.

๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž

 

This entry was posted in FEP 2020 and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *