CB Kewarganegaraan – Pertemuan 7

Laporan Hasil Survey Lapangan Tanggal  17 Mei 2017

Kelas : LG01
Dosen : Rina Patriana Chairiyani
Kode Dosen : D1812
Mata Kuliah : Character Building : Kewarganegaraan
Hari : Rabu
Tanggal : 17 Mei 2017
Waktu : 07.00 – 10.00 WIB
Lokasi : RPTRA Penjaringan Indah
Alamat : Jalan Wacung Nomor 38, RT.9/RW.16, Penjaringan,                            Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta
Tim
Ketua :

    Charlie Leonardo Oroh (2001564564)

Anggota :

    Dany Prasetya Angtoni (2001545975)
    George Christian (2001574571)
    Jody Claudio (2001537310)
    Kristoforus Ryan (2001546006)
    Ricky Wijaya (2001574003)
    Valencia (2001573820)

 

Pada tanggal 17 Mei 2017 pukul 07.00 pagi, seperti biasanya kami berkumpul di RPTRA Penjaringan Indah, hari ini merupakan hari terakhir kami membantu di RPTRA ini. Sudah cukup lama kami tidak datang ke RPTRA dikarenakan persiapan untuk ujian tengah semester yang harus kami jalani. Setelah bertemu dengan Bapak Serani dan menitipkan barang bawaan kami, kami pun segera menuju ke bagian belakang RPTRA untuk melanjutkan penanaman kami.

Saat kami sampai di tempat penanaman, seluruh hasil penanaman yang kami telah tanam sebelumnya berbuah. Sayur kangkung yang kami tinggalkan sekitar 3 mingguan telah tumbuh cukup besar, Bapak Serani mengatakan selama kami tidak mengunjungi RPTRA, sudah sekitar 4-5 kali kangkung yang kami tanam siap panen, banyak ibu-ibu yang datang ke RPTRA mengambil hasil panen tersebut untuk dibawa pulang ke rumah mereka. Ada beberapa rak tempat vertikultur yang masih belum terisi dikarenakan ketidakhadiran kami selama 3 minggu dan kami memutuskan untuk memulainya dari sana terlebih dahulu.

Kami memasukan tanah ke tempat media penanaman, kami mencampurkan tanahnya terlebih dahulu dengan pupuk kandang yang sudah disiapkan sampai merata, lalu memasukannya kedalam media yang sudah disiapkan. Semakin banyak pupuk yang diberikan semakin cepat pertumbuhan tanaman yang ditanam, tetapi jika pupuk yang diberikan terlalu banyak tanaman yang ditanam akan cepat mati. Penggunaan pupuk kandang sendiri lebih dianjurkan dibanding pupuk kimia, karena pupuk kandang lebih ramah lingkungan dan tidak merusak alam. Setelah tanah dimasukan ke dalam media yang disiapkan ditekan sampai memadat, lalu medianya dicelupkan kedalam air agar tanahnya basah sehingga bibit kangkung yang ditanam dapat tumbuh. Setelah itu kami memasukkan medianya ke dalam rak yang sudah disiapkan dan kami pun memasukan bibit kangkungnya.

Setelah menyelesaikan beberapa sisa dari kantong media penamanan yang masih tersisa, kami pun memanen kangkung yang sudah tumbuh. Hasil panen tersebut kami bawa pulang dikarenakan Bapak Serani mempersilahkan kami untuk mengambil kangkung yang sudah kami panen. Bapak Serani berkata bahwa tanaman kangkung ini merupakan hasil dari kerja keras kami, kemudian kami pun memanen beberapa kangkung untuk dibawa pulang. Baru pertama kali kami merasakan kepuasan dari hasil kerja kami sendiri.

Pukul 10.00 pagi, kami pun berpamitan dengan Bapak Serani, kami berterima kasih karena telah diberikan kesempatan yang luar biasa untuk bias membantu RPTRA ini. Kami mendapatkan pengalaman yang sangat banyak, dan merasakan betapa sulitnya untuk mengurus RPTRA, kami sekelompok saja kesusahan mengurus bagian belakang RPTRA, sedangkan Bapak Serani mengurusi seluruh RPTRA tersebut, kami sangat terpukau dengan kegigihan Bapak Serani yang tanpa mengeluh mengurusi tempat ini demi melihat senyuman dari anak-anak yang bermain di taman yang bersih dan sehat ini. Terima kasih banyak Bapak Serani. Doa kami agar RPTRA Penjaringan Indah akan selalu indah seperti namanya dan Bapak Serani selalu pantang menyerah dalam mengurusi RPTRA Penjaringan Indah.

Laporan Evaluasi Kegiatan

This entry was posted in CB Kewarganegaraan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *